Warga Tilos Terancam Diusir, Akibat Bermukim di Zona Bebas

oleh -204 views

images(2)Indotimnews.com– Sekitar 50 kepala keluarga (kk) Timor Leste yang bermukim di Desa Naktuka di wilayah Amfoang Timur, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) terancam diusir dari desa tersebut, karena desa itu masih masuk dalam kawasan zona bebas karena belum disepakati antarkedua negara.

“Kami akan mengusir mereka. Jika mereka masih menetap di Naktuka,” kata Raja Amfoang Roby Manoh kepada media ini, Jumat, 17 April 2015.

Naktuka, menurut dia, sesuai kesepakatan tahun 2003 lalu, masuk dalam zona bebas, karena masih disengketakan antar Indonesia dan Timor Leste. Sehingga warga di perbatasan kedua negara harus hargai kesepakatan itu. “Ini akan menimbulkan kecemburuan sosial,” katanya.

Penguasaan lahan itu, katanya, sudah dikuasi warga Timor Leste distrik Oecusse sejak tahun 2003. Warga Timor Leste bisa beraktifitas di desa itu, sedangkan warga Indonesia dilarang. “Kami dilarang, tapi mereka bisa tinggal disana. Tidak adil,” katanya.

Karena itu, dia meminta TNI dan pemerintah untuk segera menyelesaikan masalah batas antarkedua negara sehingga tidak menimbulkan konflik. “Jika langkah itu tidak bisa diambil pemerintah, maka saya akan pimpin masyarakat mengusir warga Timor Leste di Naktuka secara paksa,” tegasnya.

Komandan Korem 161 Wira sakti Kupang, Brigadir Jenderal Achmad Yuliarto berharap warga di Amfoang tidak melakukan tindakan anarkis dalam menyelesaikan masalah batas antarnegara. “Kami harap warga tetap tenang. Kami akan koordinasikan dengan pemerintah pusat dan TNI AD,” katanya.

(nttterkini)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.