Waspada, Angka Penderita HIV AIDS di Makassar Capai 7.057

oleh -165 views

images(385)-1Makassar– Berdasarkan data dari Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kota Makassar,
Angka penderita HIV-AIDS di kota Makassar sudah mengawatirkan. Tercatat ada 7057 penderita positif HIV AIDS.

Wakil Walikota Makassar, Syamsu Rizal, menghimbau kepada masyarakat agar wasapada dan menghidari penyebaran virus mematikan ini.

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri peringatan hari AIDS sedunia di halaman kantor PT. Pelindo IV, Jumat, (12/12/2014).

“”Penderita virus mematikan ini sudah sangat banyak, perlu kesadaran kita semua untuk menjauhi segala aktivitas yang dapat menyebabkan kita tertular,” kata Syamsu Rizal yang akrab disapa Ical.

Menurut Ical, penyebab utama menularnya virus HIV adalah penggunaan jarum suntik yang telah terkontaminasi dengan darah yang terinfeksi dan perilaku seks bebas.

“Jangan menggunakan narkoba dan jauhi perilaku seks bebas. Karena dua hal tersebut menjadi penyebab utama tertularnya virus ini,” kata Ical yang juga merupakan Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Makassar ini.

Dia menambahkan, menjauhi virus HIV bukan berarti harus menjauhi penderitanya atau yang biasa disebut Orang Dengan HIV AIDS (ODHA), melainkan menjauhi segala penyebab yang lahir dari perilaku menyimpang.

“ODHA harus kita berikan semangat untuk hidup. Beri motivasi kepada mereka, jangan hindari atau diskriminasi, mereka juga memiliki hak untuk hidup seperti kita semua,” ungkapnya (sak)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.