Home / Indotimnews / Yan Matuan: Jadi Pemimpin Harus Jujur!

Yan Matuan: Jadi Pemimpin Harus Jujur!

JAYAPURA– Aktivis Pro Demokrasi Papua, yan Mauan menegaskan agar para bakal calon Gubenur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua harus memilih orang yang jujur dan bersih, seperti jujur terhadap dirinya maupun terhadap rakyat yang akan dipimpinnya masa depan.

“Rakyat bisa memilih pemimpin yang bersih berintegritas dan kredibilitas yang baik. Kita kehendaki Tanah Papua harus lebih maju rakyat dapat merasakan kenyamanan kesejahteraan dan keadilan. Hal itu bisa terwujud kalau moral pemimpin itu baik,” tegas Yan Matuan kepada media ini, Jumat, (26/01/2018) sore di Jayapura.

Yan mengataan, mustahil Papua bisa berubah kalau pemimpinnya pembohong dan suka bermuka dua. Terkait John wempi Wetipo (JWW) yang diduga memalsukan ijasah itu kasusnya sudah 10 tahun yang lalu sewaktu berjabat sebagai bupayi di kabupaten Jayawijaya tahun 2008.

“Jadi yang dituntut sekarang JWW harus berani memberikan penjelasan dan klarifikasi kepada publik terkait dugaan ini,” katanya.

Menurut dia, saat JWW mendaftar ke KPU Provinsi Papua sebagai sala satu bakal cagub Papua kontestan dengan mengunakan ijasah atau gelar akademik SH. MH. “Tahun 2008 JWW pernah mendaftar KPU Jayawijaya pakai gelar S.Sos. SH. M.Par,” jelasnya.

“Nah, di sinilah justru menjadi polemik publik. Karena tidak jelas itu loh. Mestinya JWW sebagai bakal calon harus menjelaskan rekam jejak riwayat pendidikannya tidak parsial tetapi harus comprehensive,” bebernya.

Dalam curiculum vitae (CV), lanjutnya, JWW akan terang semua tahun periodik tamatan sekolah yang bersangkutan mulai dari TK, SD, SMP, SMA hingga perguruan tingginya di mana dan tamat tahun berapa.

“Ini menyangkut moralitas kepribadian beliau sebagai bakal calon Gubernur Papua. Jadi apa susahnya kalau beliau mau berniat baik dan mau bicara jujur dan terbuka kepada rakyat terkait kasus ini,” pungkas dia. (ABY)

loading...